Friday, November 2, 2018

(ID) TOP LINE WEBTOON COMICS (Part.1)


LINE WEBTOON (ID) – TOP 5 COMICS BASED ON GENRE

(My Opinion)





Sebenarnya list komik yang akan diriku berikan ini sesuai dengan komik yang sudah pernah kubaca, mau itu sudah membacanya hingga tamat ataupun hanya membaca beberapa episode. Jadi yahh hanya pendapat. Maafkan saya :’)




*Kalo males klik link webtoonnya satu persatu, download aplikasi-nya aja yuk!




Gambar terkait
https://www.webtoons.com/id/


Lanjut!! :D




DRAMA

TRICKSTER


Trickster - Webtoon

"Anak pindahan itu benar-benar menggemparkan seisi kelas dengan trik menyonteknya! Namun disisi lain ia juga menemukan sesuatu yang janggal di sekolah. Ada apa sebenarnya?"

Nahh.....Komik drama no.1 menurut saya ya ini webtoon. Dari gambar covernya aja udah menarik, apalagi ceritanya ya kan? Enggak juga sih. Tapi bener sih :v Baca deh, gak nyesel!

Dan juga karena udah ngikutin dari Webtoon Challenge jadi tidak suprise lagi deh dengan cerita yang seru dan benar-benar beda dari yang lain, juga style gambar yang sangat memanjakan mata, hahaha :V





Oh iya, agak sedikit out of topic sih, tapi comic artist webtoon ini juga punya komik sendiri loh di platform Ciayo. Ceritanya seru, baca yuk!!

304th STUDY  ROOM


304th Study Room - Webtoon
                   
"Selama 40 hari, Desyca, siswi pemalas tapi super hokki, menjalani karantina pra-OSN Fisika bareng cowok-cowok ganteng dari SMA elit di Ruang Belajar Nomor 304. Tetapi Fisika bukan satu-satunya pelajaran yang ia pelajari selama proses karantina...."

Agak sedih waktu ini komik tiba2 tamat, ngegantung banget. Tapi perlu kalian ketahui, nih komik sangat seru. Ceritanya realistis banget dan gambarnya bagus. Jadi yah, itulah kenapa webtoon ini masuk kedalam top 5 comic drama diriku :)


LOOKISM


Lookism - Webtoon

"Cowok ini punya 2 wujud! Pilih yang mana ya..?"

Pertama kali baca ini webtoon, jujur agak takut karena suasana episode awal-awal emang sedikit seram gitu. Tapi setelah mencoba baca lagi, eh ceritanya ternyata seru dan realitanya negara Korsel banget kali ya? Ya gatau juga sih tapi sepertinya iya :') Apalagi character development-nya itu loh, salah duanya Jiho ama Haneul yang paling kelihatan.


#Jay....KamuKapanNgomongPlusMengangkatPonimu,WahaiAnakMuda?


SUMMER MIRACLE


Summer Miracle - Webtoon

"Mengenang kisah cinta masa SMA yang manis dan terus diingat"

Jangan ditanya ceritanya bagus apa tidak, nih komik bagus parah apalagi ini webtoon pertama dari webtoonist terkenal Seokwoo, pengarang webtoon Orange Marmalade dan HANA HARU. Ceritanya wahh best deh pokoknya, meski agak bingung tiba" ada alien atau apalah itu, juga percintaan beda dunia :v Baca kuy!!




GOLDEN SPOON


Golden Spoon - Webtoon

"Apakah kamu rela menukar keluargamu dengan yang lebih baik?"


Dahulu sebelum ini webtoon tamat, webtoon inilah yang paling kutunggu setiap hari Selasa. Ceritanya bikin penasaran dan bikin emosi campur aduk :v Agak fantasi sih, tapi yagitu deh ceritanya bagus mau ngapain lagi selain membacanya, ya gak?






Komik drama terbaik lainnya yang gak berhasil masuk top 5 diriku adalah 90 Days, Spirit Fingers, Ojek Story, Girl's of the Wild, dan 7 Wonders





ROMANCE


CHESSE IN THE TRAP


Cheese in the Trap - Webtoon

“Kenapa senior ganteng itu begitu suka aku? Seol Hong adalah mahasiswa pekerja keras yang baru kembali kuliah setelah cuti. Namun, Seol merasa hidupnya menjadi lebih sial sejak dekat dengan Jung Yu, seniornya yang terkenal sebagai cowok sempurna. Apakah Jung sengaja? Ataukah Seol hanya berprasangka?”

Webtoon ini ceritanya bagus parah, bikin emosi bercampur2. Yang tadinya tim Inho jadi timnya Jung :D Padahal belum jadi mahasiswa/i tapi tidak tau mengapa relatable banget. Baca dah, seru meskipun pertamanya kurang menarik. Sifat dari para tokohnya juga bikin wew!





FOR THE SAKE OF SITA


For the Sake of Sita - Webtoon

“Seorang murid sekolah kedokteran yang berkunjung ke Nepal, jatuh cinta dengan sang dewi yang jatuh dari surga. Ia lalu berjuang keras melawan takdir untuk menyelamatkan kekasihnya tercinta.”

Haduuhh.....Ini webtoon underrated sangat, padahal ceritanya bagus loh! Terus juga seru, singkat, gak bertele-tele dan sedih endingnya :') Hufftt....Baca baca baca.






LARA(S)HATI


LARA(S)HATI - Webtoon

“Radi diundang ke grup PEDAL, alias Perkumpulan Ditolak Laras, setelah dia nembak Laras dan (diduga) ditolak, Tapi, kenapa PEDAL ribet dan banyak aturan ya?”

Seru, bagus, dan best-lah pokoknya. Gambarnya enak dipandang, ceritanya juga mudah dicerna dan tau gak tokoh favoritku di webtoon ini siapa? JORDAN wahahahah :V
Baca yahh, biar tau Jordan itu siapa dan seperti apa. :D 





MATAHARI ½ LINGKAR


Matahari 1/2 Lingkar - Webtoon

“Arka seperti matahari bagi Kayra, menyinari hati dan hari-hari kehidupan Kayra di sekolah. Tapi, akankah Matahari Arka terus tersenyum padanya?”

Jujur, style gambarnya saya suka dan ceritanya emang waw gituh :v Tapi tetep aja sedih, soalnya ship-ku udah gabakal berlayar di samudera :D Oh iya, ngomong-ngomong, karakter yang kusuka itu Joy sama Aydan :3 Baca euy, nyesel entar kalo enggak.


ORANGE MARMALADE


Orange Marmalade - Webtoon

“Apa jadinya bila seorang vampir jatuh cinta dengan murid terpopuler di sekolah yang membenci vampir?”

Webtoon ini dulu tuh legend sekali, komik romance terbaik dan terpopuler pada masanya. Ceritanya vampir-vampiran, ya kalian taulah komik yang genrenya romance-vampire itu kayak gimana, hahaha...

Tetapi meskipun sudah tau, baca yah :V Oh iya, pembuat komik ini sama kayak pembuat komik HANA HARU dan Summer Miracle.




Webtoon romance lainnya yang belum dapat masuk top 5-ku adalah Perfect Honeymoon, Pasutri Gaje, Winter Woods, Oh! Holy, Tweening, dan Love Doesn’t Talk.




COMEDY


TERLALU TAMPAN


Terlalu Tampan - Webtoon

     "Jadi orang tampan tenyata banyak deritanya... seperti satu keluarga tampan yang kelakuannya aneh ini"

Nih webtoon agak sedikit rada-rada, keluarga si pemeran utamanya absurd sekali. Gak jelas XD Tapi itulah yang membuat komik ini seru untuk dibaca, hahaha....Terus juga nama-nama anggota keluarganya aneh-aneh. Baca yuk!! Dijamin bikin kalian terpana :D Keluarganya tampan-tampan, ini jujur ya.





BROTHERHOOD


Brotherhood - Webtoon

"Aku benci kakakku."

Webtoon komedi biasanya identik dengan ke-absurd-annya, apalagi yang satu ini. Menceritakan adek-kakak yang hmm, bisa dibilang aneh, gila, atau sedikit miring otaknya :v Nahh...si adek ini benci kakaknya, penasaran mengapa? Coba baca aja dulu...






PRINCE OF PRINCE


Prince of Prince - Webtoon

"Hubungan dua lelaki ini mencurigakan. Ada apa sih?"

Webtoon ini punya style gambar yang aku suka, seperti style manhwa kebanyakan. Ceritanya seru, dan yahh termasuk webtoon komedi yang kusuka. Pemeran utamanya cewek, dan salah satu laki-laki di cover atas adalah kakaknya si pemeran utama. Mau tahu siapa? Pencet link dibawah boleh.

Masih bingung kenapa serial lain dari komik ini gak diterjemahin ke Bahasa Indonesia, padahal di webtoon Thailand ada :'(





TAHILALATS


Tahilalats - Webtoon

"Cerita random kehidupan masyarakat kekinian."

Absurd? Tentu iya.

Seharusnya penghargaan webtoon ter-absurd jatuh ke webtoon ini, kenapa? Ceritanya sering membuat pembaca berpikir keras untuk mengerti isi komik ini. Ini komik strip ngomong-ngomong. Tidak jelas tetapi membuat pembaca ketagihan karena keseruannya :v





A SIMPLE THINKING ABOUT BLOODTYPE


A Simple Thinking About Bloodtype - Webtoon

"Cocokkah golangan darah dengan sifatmu? Komik sifat golongan darah yang terkenal akan membuatmu tertawa."

Webtoon ini lucu banget, apalagi gambarnya. Menceritakan tipe-tipe golongan darah yang membawakan sifat-sifat mereka. Yang paling aku suka dari webtoon ini ya gambarnya, lucu parah :D


Best webtoon komedi lainnya yang tidak berhasil masuk top 5-ku adalah Si Juki Collections, Surrounded by Them, dan Uga Uga.





Tunggu kelanjutannya di part-2 ya.... :3 


🤓




1 comment: